Selasa, 27 September 2016

10 Hal yang harus dilakukan saat menganggur

1. Mengambil pekerjaan kontrak atau freelance
Kebanyakan orang akan menyarankan hal ini untuk Anda. Kenapa? Intinya adalah agar orang lain dapat melihat kemampuan dan hasil kerja Anda. Jika Anda melakukan pekerjaan yang bagus, walaupun hanya bekerja secara kontrak atau freelance, Anda akan direkomendasikan untuk menempati posisi pegawai tetap.
2. Ikut kursus
Sekitar 61% manager HRD menyarankan agar Anda mengambil kelas kursus selama Anda belum bekerja. Anda tidak akan berhenti belajar bahkan saat Anda bekerja, mengapa tidak belajar selama belum bekerja untuk meningkatkan kemampuan Anda.
3. Menjadi relawan
Sekitar 60% manajer HRD berpendapat bahwa menjadi relawan akan menaikkan "harga" Anda. Ketika Anda menjadi sukarelawan dalam suatu bidang, itu menunjukkan bahwa Anda tidak hanya memikirkan tentang uang, dan bahwa Anda juga memiliki perhatian tehadap sesama. Ketika mereka merekrut orang, mereka tak hanya mempedulikan kemampuan tetapi juga karakter kandidat.
4. Memulai wirausaha
Memulai usaha sendiri bisa jadi cukup sulit dan membutuhkan biaya. Namun 28% orang menyarankan ini. Jika Anda memiliki biaya dan kemampuan yang dibutuhkan, maka usaha sendiri dapat menjadi jalan keluar sekaligus nilai tambah bagi Anda saat melamar kerja.
5. Memulai blog profesional
Blog profesional bisa menjadi ajang "menjual diri" bagi Anda. Sekitar 11% orang menyarankan hal ini. Blog profesional tak hanya menunjukkan kualitas Anda, tetapi juga menunjukkan komitmen Anda pada bilang yang Anda geluti.
6. Mengikuti perkembangan berita mengenai kesempatan kerja dan bidang yang Anda minati
Ahli di CareerBuilder mengatakan bahwa teknologi informasi sangat penting untuk membuat Anda selalu tahu informasi terbaru mengenai bidang yang Anda minati.
7. Gunakan waktu untuk menemukan ide baru
Industri selalu membutuhkan ide-ide segar setiap waktu. Jika Anda tidak punya kegiatan, maka gunakan waktu Anda sebaik mungkin untuk mencari ide-ide baru. pelamar kerja yang datang dengan ide segar dan kemampuan yang baik tentunya lebih berharga daripada yang lain.
8. Buat koneksi
Lamaran pekerjaan yang diberikan oleh pegawai yang sudah bekerja di sana, atau atas saran dan rekomendasi pegawai yang sudah menetap dalam perusahaan biasanya lebih dipercaya. Membangun jaringan dengan banyak orang tak akan merugikan Anda. Siapa tahu pekerjaan impian itu muncul dari salah satu teman Anda.
9. Hubungi lagi
Berdasarkan CareerBuilder, dua dari tiga pelamar kerja tidak menghubungi kembali setelah menyerahkan lamaran atau wawancara. Selalu penting untuk maju lebih dulu untuk menunjukkan pada perusahaan bahwa Anda benar-benar berminat. Jangan lupa juga selalu ucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan pada Anda.
10. Gunakan kata kunci
Jika Anda aktif mengejar pekerjaan, Anda akan sering menghabiskan waktu untuk mengedit lamaran pekerjaan Anda. Ingatlah untuk selalu menggunakan kata kunci. Ahli di CareerBuilder mengatakan bahwa tak jarang perusahaan menggunakan perangkat elektronik untuk memindai dan mencari kata-kata yang cocok dalam lamaran Anda. Pastikan Anda memasukkan kata yang tepat.
https://www.merdeka.com/gaya/10-hal-yang-harus-dilakukan-saat-menganggur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar