Selasa, 27 September 2016

6 Hal Yang Dilakukan Mahasiswa Setelah Lulus Kuliah

 Ini dia hal-hal yang dilakukan oleh mahasiswa setelah lulus kuliah:

1. Liburan

Efek samping yang dirasakan saat membuat skripsi adalah rasa tertekan dan stress setiap saat. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kurang tidur, terlalu banyak berpikir, cemas yang berlebihan, dll. Setelah menyelesaikan skripsi, banyak mahasiswa yang memilih berlibur untuk menghilangkan stress. Karena tidak ada lagi jadwal kuliah, waktu liburan bisa sangat fleksibel.
Tujuan liburan yang dipilih bisa sangat beragam, tetapi tegantung dengan kondisi dompet dong. Kalau punya dana berlebih, bisa liburan ke luar negeri atau keliling Indonesia. Kalau mau hemat, bisa berlibur bersama teman-teman kuliah atau bersama anggota keluarga.

2. Menikah
Menikah pada saat kuliah adalah hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Pasalnya, kuliah menuntut mahasiswa untuk menyediakan sebagian besar waktunya untuk belajar, menganalisa dan tentu saja melakukan penelitian untuk skripsi. Oleh karena itu, banyak pasangan mahasiswa yang menunda untuk menikah hingga mereka menyelesaikan kuliahnya.
Selain permasalahan jadwal kuliah, banyak juga orang tua mahasiswa yang menginginkan anaknya untuk menyelesaikan studinya terlebih dahulu, mendapatkan gelar sarjana dan barulah menikah.

3. Pulang Kampung
Bukan hal yang aneh bila kebanyakan mahasiswa adalah anak daerah/anak rantau. Mereka rela meninggalkan keluarga dan kampung halaman demi menuntut ilmu di kampus-kampus ternama. Selama masa kuliah, mereka biasanya memanfaatkan hari libur untuk sesekali pulang kekampung halaman dan bertemu dengan keluarga mereka.
Dan setelah dinyatakan lulus, banyak dari mahasiswa ini memilih untuk pulang dan menetap dikampung halaman mereka masing-masing.

4. Kerja
Salah satu motivasi terbesar mahasiswa menyelesaikan kuliah adalah untuk mendapatkan kerja. Apalagi banyak perusahaan-perusahaan besar yang menuntut calon pekerjanya untuk memiliki gelar sarjana. Gelar memiliki peran penting dalam hal posisi dan gaji yang akan diterima pada saat berkerja nanti.
Selain berkerja secara langsung, banyak juga mahasiswa yang mengikuti program training atau magang di sebuah perusahaan. Tujuannya adalah sebagai pengenalan kepada mahasiswa mengenai bidang pekerjaan yang akan dilakukan sekaligus untuk mengetahui minat pekerjaan yang disukai oleh fresh graduate ini.

5. Wirausaha
Selain berkerja ada juga mahasiswa yang memilih untuk membuka usaha sendiri setelah lulus kuliah. Mereka sudah memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha semenjak masuk kuliah. Malahan beberapa mahasiswa sudah sibuk merintis bisnisnya ketika masih kuliah.
Jenis usaha yang dipilih juga tidak dalam skala besar, ada yang bisnis online shop, jasa desain, jual pulsa, baju, sepatu, dll. Setelah lulus, mereka bisa fokus sepenuhnya pada usaha yang mereka bangun agar bisnisnya semakin berkembang dan menghasilkan.

6. Lanjut Kuliah
Tidak cukup hanya dengan gelar sarjana, maka ada juga mahasiswa yang melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi lagi. Salah satu keuntungan melanjutkan studi setelah lulus kuliah adalah usia yang masih muda. Karena diusia muda ini, mahasiswa akan lebih mudah menyerap ilmu yang didapat ketika kuliah, dan menyelesaikan thesis dengan cepat.
http://welpost.blogspot.co.id/2013/12/6-hal-yang-dilakukan-mahasiswa-setelah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar