Senin, 19 September 2016

Cara Memilih Warna Foundation Yang Tepat

Dengan menggunakan foundation dengan warna yang tepat, warna kulit wajah bisa telihat merata dan noda atau flek coklat tersamarkan.  Namun foundation bisa terlihat “merusak” wajah kalau warna yang digunakan salah.  Bisa jadi salah karena warnanya terlalu terang, atau mungkin terlalu gelap sampai terlihat belang antara wajah dan leher.  Supaya nggak sampai kejadian seperti itu, penting untuk tahu cara memilih warna foundation yang tepat.

foundation
1. Ketahui warna dasar kulit
Untuk memudahkan pemilihan warna foundation, penting untuk mengetahui dulu warna dasar kulit kita.  Warna dasar umumnya dibedakan menjadi 3 macam: cool, warm, dan neutral.  Cara menentukannya dengan melihat warna pembuluh darah.
  • Pembuluh darah berwarna biru = cool
  • Pembuluh darah berwarna hijau = warm
  • Pembuluh darah yang warnanya tidak terlalu hijau dan tidak terlalu biru = neutral
Mudahnya, bagi pemilik warna dasar cool, kulit biasanya mudah menjadi pink saat terkena paparan sinar matahari.  Untuk warna dasar yang tergolong warm, kulit menjadi terlihat lebih bronzy atau sedikit lebih gelap.
2. Pilih 2  – 3 warna foundation yang paling mirip
Pilih beberapa warna foundation sekaligus, mulai dari yang menurutmu warna yang tepat, satu warna yang lebih muda, dan satu warna yang lebih gelap. Dengan begitu, saat dicoba langsung di kulit, hasilnya akan lebih jelas, warna mana yang paling sesuai.  Hindari memilih warna yang jauh terlalu terang, atau jauh terlalu gelap karena akan membuat penampilan secara keseluruhan menjadi tidak sedap dipandang mata.  Nggak mau, kan, warna wajah berbeda jauh dengan warna tangan?
3. Coba foundation langsung di kulit wajah
Untuk menentukan warna mana yang paling mendekati warna asli, oleskan foundation di pipi atau rahang.  Banyak wanita yang mengoleskan foundation di punggung tangan, padahal kalau dibandingkan, warna punggung tangan dan wajah cukup berbeda. Terlihat cocok di punggung tangan, belum tentu cocok saat digunakan di seluruh wajah.  Kalau kamu menggunakan makeup saat mampir ke counter, toko, atau department store, lebih baik menghapus makeup yang dipakai terlebih dahulu untuk benar-benar mencoba langsung warnanya di wajah.  Kamu juga bisa meminta bantuan beauty advisor yang berjaga untuk memilih warna yang tepat.
4. Diamkan selama beberapa jam
Ada beberapa foundation yang begitu diaplikasikan di wajah warnanya terlihat sudah cocok dengan kulit, namun setelah beberapa menit menjadi lebih gelap atau biasa juga disebut dengan teroksidasi.  Itulah mengapa lebih baik untuk mencoba langsung foundation di seluruh wajah terlebih dahulu. Kamu bisa pergi jalan-jalan atau melihat dan belanja barang lainnya, lalu setelah beberapa jam, periksa kembali apakah warna foundation itu tetap sama atau semakin gelap.  Kalau warnanya sama, kamu sudah tidak perlu pusing memilih lagi. Kalau ternyata menjadi sedikit lebih gelap, pilih warna yang satu shade lebih terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar